Pengumuman : Harap Ingat! Lakukan Register Ulang Bagi Akuntan Beregister Negara

Penetapan IAI Sebagai Asosiasi Profesi Akuntan di Indonesia

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Muhamad Chatib Basri telah menetapkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 263/KMK.01/2014 tentang Penetapan Ikatan Akuntan Indonesia Sebagai Asosiasi Profesi Akuntan (KMK Penetapan Asosiasi Profesi Akuntan) pada tanggal 17 Juni 2014.  

KMK Penetapan Asosiasi Profesi Akuntan merupakan peraturan pelaksanaan dari Pasal 18 Peraturan Menteri Keuangan Nomor 25/PMK.01/2014 tentang Akuntan Beregister Negara. Dengan adanya penetapan asosiasi ini, Bapak Langgeng Subur, Kepala Pusat PPAJP mengharapkan agar IAI bersiap karena penetapan IAI sebagai asosiasi satu-satunya di Indonesia merupakan tugas dan tanggung jawab yang besar untuk IAI.  Bersama PPAJP, IAI akan bertanggungjawab atas pengembangan profesi akuntan di Indonesia. Dalam KMK Penetapan Asosiasi Profesi Akuntan ini, IAI bertanggung jawab untuk: 1.    menyelenggarakan ujian sertifikasi akuntan professional; 2.    menyelenggarakan pendidikan professional berkelanjutan; 3.    menyusun dan menetapkan kode etik dan standar profesi; 4.    menerapkan penegakan disiplin untuk anggota; 5.    menerbitkan sertifikat professional; dan 6.    melakukan perjanjian saling pengakuan kesetaraan dengan asosiasi profesi akuntan lain.
KMK 263/KMK.01/2014 tentang KMK Penetapan Asosiasi Profesi Akuntan bisa dibaca dan didownload di beranda website ppajp (www.ppajp.kemenkeu.go.id) dalam kolom “download peraturan lainnya”.


Eselon I Kementerian Keuangan