Pencanangan Pembangunan Zona Integritas PPPK

4/26/2017 9:24:30 AM

Jakarta, PPPK. Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan menyelenggarakan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di Aula Gedung R.M. Notohamiprodjo Kementerian Keuanggan pada Rabu (22/03).  Acara tersebut dihadiri oleh seluruh pejabat dan pegawai PPPK, Inspektur VI Inspektorat Jenderal, serta para pemangku kepentingan (stakeholders) PPPK yakni perwakilan asosiasi profesi, seperti Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI), dan Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI), serta individu Profesi Keuangan yang mewakili Kantor Akuntan Publik (KAP), Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP), dan Kantor Jasa Akuntansi (KJA). Pencanangan  tersebut merupakan  wujud dari kesungguhan PPPK untuk membangun budaya zero tolerance terhadap korupsi serta meningkatkan kualitas pelayanan terhadap para pemangku kepentingan.

Acara dibuka oleh Kepala PPPK, Langgeng Subur, yang menyampaikan bahwa acara ini merupakan upaya PPPK menuju perbaikan di segala bidang baik dari peningkatan kualitas pelayanan maupun akuntabilitas.  Kepala PPPK menyampaikan bahwa Indonesia sedang berada di tengah-tengah ingar bingar Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).  Oleh karena itu kita dituntut untuk terus meningkatkan kompetensi agar tidak kalah bersaing khususnya para profesional profesi keuangan agar dapat bersaing dengan negara ASEAN lainnya.

Pencanangan  Pembangunan Zona Integritas dilanjutkan  dengan penandatanganan pakta integritas antara Kepala PPPK beserta seluruh pejabat Eselon III di Lingkungan PPPK dan perwakilan para pemangku kepentingan sebagai bukti komitmen upaya pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan.

Di sesi penutup, Inspektur VI, Drs. Wahjoe Tri Widijo, dan  Agus Arbiyanto selaku Tim Asistensi berbagi pengetahuan dengan materi “Penilaian terhadap Kegiatan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM)”.  Sesi Knowledge Sharing ini berlangsung komunikatif.  Hadirin turut aktif dengan memberikan pertanyaan terkait materi yang disampaikan.

Dengan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas ini, diharapkan agar seluruh pejabat dan pegawai PPPK serta para pemangku kepentingan  mendukung PPPK menjadi salah satu unit kerja di Kementerian Keuangan yang memenuhi persyaratan, indikator, dan nilai sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi 2017. (nom/egi/erv/sur)



Back to List


Eselon I Kementerian Keuangan