PPL Akuntan Publik di Jakarta

6/17/2016 1:52:07 PM

              Jakarta, 16/06/2016 Kemenkeu – Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) bersama Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) pada tanggal 15 Juni 2016 telah menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Profesi Berkelanjutan (PPL) Akuntan Publik dengan tema “Perkembangan Profesi Akuntan Publik Indonesia” bertempat di Grand Mercure Hotel Harmoni Jakarta. Acara PPL Akuntan Publik ini merupakan salah satu PPL wajib yang harus diikuti oleh para Akuntan Publik. Akuntan Publik beserta pegawainya yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 259 orang.

              Pada sesi pertama PPL, Bapak Langgeng Subur selaku Kepala PPPK memaparkan materi tentang perkembangan dan persebaran Akuntan Publik dalam beberapa tahun belakangan ini. Beliau juga memberi ulasan tentang branding Kantor Akuntan Publik (KAP). “Jadi Akuntan Publik yang sukses bukan hanya pintar mengaudit laporan keuangan saja. Tapi urusan pemasaran/ branding harus jago” ungkap beliau yang dilanjutkan dengan menjelaskan arti dari tagline dan logo beberapa KAP internasional.

              Pada sesi kedua, Bapak Arie Wibowo selaku Kepala Bidang Pengembangan Profesi Keuangan memaparkan materi penjelasan SE-1/PPPK/2016 tentang Perpanjangan Izin Akuntan Publik. Pemaparan selanjutnya dilakukan oleh Bapak Asih Ariyanto selaku Kepala Bidang Pemeriksaan Akuntan yang menyampaikan informasi tentang kegiatan Pemeriksaan terhadap Profesi Akuntan Publik. Dalam kegiatan PPL ini turut hadir salah satu tokoh Akuntan Publik senior Indonesia yaitu Bapak Mustofa yang merupakan founder dari Deloitte Indonesia. Dalam kesempatannya, Bapak Mustofa memaparkan buku karangannya yang berjudul “Branding Kantor Akuntan Publik”.

              Seperti yang dilakukan pada kegiatan-kegiatan PPL sebelumnya, untuk mengukur tingkat pemahaman peserta terhadap materi yang telah disampaikan, diadakan post test setelah pemaparan materi selesai dilakukan. Hasilnya sebanyak 80.62% peserta memahami materi yang telah disampaikan. Hal ini membuktikan salah satu tujuan penyelenggaraan PPL yaitu peserta memahami materi PPL tercapai dengan baik.



Back to List


Eselon I Kementerian Keuangan