SEMINAR NASIONAL AKUNTANSI "PILAR KOMPETENSI AKUNTAN DALAM ARSITEKTUR PROFESI AKUNTANSI INDONESIA"

5/19/2016 4:27:07 PM

Pemerintah Indonesia telah menaruh perhatian besar dalam pengembangan profesi Akuntan. Banyak kebijakan dan regulasi yang diterbitkan untuk memperkuat profesi Akuntan, termasuk keterlibatan untuk membela kedaulatan profesi Akuntan Indonesia pada perundingan internasional dalam perdagangan jasa. Seperti kita ketahui, Indonesia saat ini telah membuka pintu perdagangan jasa bidang Akuntansi di regional ASEAN.

Dalam perjalanan selama perundingan tersebut, kompetensi pelaku profesi Akuntansi dirasakan perlu mendapat perhatian lebih dari berbagai pi ha k. Dalam perspektif demografi dan level kompetensi, profesi Akuntan Indonesia memerlukan kaderisasi, upgrading, dan pengembangan yang masif agar tetap dapat bersaing secara kompetitif dengan praktisi di kawasan Asia Tenggara, khususnya dari Phillipina, Malaysia, Singapura dan Thailand. Sedangkan Indonesia saat ini masih belum memiliki Arsitektur Profesi Akuntan sebagai kerangka dasar yang bersifat menyeluruh dan memberikan arah, bentuk, dan tatanan bagi pengembangan profesi Akuntan Indonesia.

Arsitektur Profesi Akuntan Indonesia bertujuan menciptakan pelaku profesi akuntansi yang kompeten dan kredibel untuk membantu meningkatkan tata kelola ekonomi yang efisien dan transparan. Arsitektur ini tersusun atas infrastruktur profesi yang kuat (asosiasi, standar), sistem regulasi yang efektif, sistem pengawasan yang independen dan efektif, dan profesional yang kompeten.

Untuk membangun pilar kompetensi yang merupakan elemen dasar dari Arsitektur Profesi Akuntan Indonesia, Indonesia perlu melakukan rekonsiliasi, koordinasi, sinergi dan harmonisasi antar kementerian negara/ lembaga yang bersinggungan dengan profesi Akuntan. Permasalahan yang selama ini terdapat dalam institusi pendidikan pencetak para Akuntan juga perlu dicarikan alternatif solusinya.

          Upaya pemerintah ini tidak dapat berjalan sendiri. Hal ini memerlukan peran aktif dari berbagai pihak terkait, utamanya dari institusi pendidikan dan asosiasi profesi. Berpijak dari kondisi ini, Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan berinisiatif untuk menyusun Arsitektur Profesi Akuntan Indonesia. Sebagai langkah awal, kegiatan yang perlu dilakukan

         Seminar Nasional Akuntasi yang bertemakan"Pilar Kompetensi Akuntan dalam Arsitektur Profesi Akuntansi Indonesia"ini akan diselenggarakan di Aula Mezzanine, Gedung Djuanda Kementerian Keuangan dengan pada hari Senin, 23 Mei 2016, dengan menghadirkan tokoh tokoh penting seperti Menteri Keuangan, Menteri Riset dan Teknologi, Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Wakil Menteri Keuangan Selaku Ketua Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia (DPN IAI), Kepala Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK), Ketua IAPI, dan tokoh penting lainnya.

untuk materi lengkap bisa didownload di laman berikut :

https://drive.google.com/file/d/0BzVymzpOgGNEUVcwMDN4SDY4akE/view?usp=drivesdk



Back to List


Eselon I Kementerian Keuangan