Undangan Seminar Nasional

11/5/2015 10:18:49 AM
Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah Melalui Laporan Keuangan Entitas Bisnis Di Daerah

latar belakang

Dalam mewujudkan desentralisasi fiskal, pemerintah pusat telah menyerahkan beberapa sektor sumber-sumber penerimaan bagi daerah (PAD) untuk digali dan digunakan sendiri sesuai dengan potensinya masing-masing. Selain itu, regulasi juga disusun untuk memberikan jalan, mendukung dan melindungi pemerintah daerah dalam mengelola sumber-sumber tersebut.

Tantangan muncul ketika pemerintah daerah terkendala dalam mengoptimalkan potensi penerimaan (PAD) dari entitas bisnis di daerahnya. Salah satu alternatif solusi untuk mengoptimalkan PAD adalah dengan pemanfaatan laporan keuangan entitas bisnis yang ada di daerah. Laporan keuangan entitas bisnis akan menjadi lebih berkualitas apabila disusun oleh orang yang memiliki kompetensi di bidang akuntansi dan diaudit oleh Akuntan Publik. Dan laporan keuangan entitas bisnis yang berkualitas akan meningkatkan akuntabilitas, transparansi, dan good governance sehingga memudahkan pemerintah daerah dalam pengambilan kebijakan peningkatan PAD.

OUTput yang diharapkan

  1. Membangun kesadaran tentang akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan entitas bisnis di daerah.
  2. Membangun komunikasi antara Kementerian Negara/ Lembaga dan Pemerintah Daerah dengan profesi akuntansi dalam upaya menggali, mengidentifikasi, dan mengakomodasi konversi potensi entitas bisnis menjadi PAD.
  3. Membangun kesamaan pemahaman dan strategi antar pemerintah daerah dalam upaya peningkatan PAD melalui laporan keuangan entitas bisnis daerah yang akuntabel.
  4. Menguatkan komitmen dan dukungan dari Kementerian Negara/ Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam mendorong implementasi audit laporan keuangan atas entitas bisnis di daerah


Back to List


Eselon I Kementerian Keuangan