PPL Akuntan Publik di Bandung

8/21/2015 11:02:17 AM
Sabtu, 8 Agustus 2015 bertempat di Kampus Universitas Widyatama Bandung, Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) Kementerian Keuangan  bekerja sama dengan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) menyelenggarakan Pendidikan Profesional Berkelanjutan (PPL) bagi Akuntan Publik. Acara ini dihadiri kurang lebih 65 peserta yang merupakan akuntan publik dan juga auditor yang berdomisili di Bandung dan sekitarnya.

Selama 2 sesi panel, peserta mendengarkan paparan sekaligus berinteraksi mengenai topik Perkembangan Profesi, Hasil Pemeriksaan dan Peraturan Pelaksanaan terkait Perizinan dan Pembinaan Akuntan Publik di sesi pertama dan Pengawasan Akuntan Publik dan Sanksi Administratif dalam RPMK di sesi kedua. Kedua topik ini menjelaskan Rancangan Peraturan Menteri Keuangan (RPMK) tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2011 Tentang Akuntan Publik dan Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2015 Tentang Praktik Akuntan Publik.

Pemaparan yang disampaikan oleh Bapak Langgeng Subur (Kepala PPPK), Bapak Agus Suparto (Kabid Pembinaan Profesi Bidang Akuntansi, PPPK), dan Bapak Triyanto (Kasubbid Pengembangan Profesi Akuntan, PPPK) mendapatkan respon positif dan konstruktif dari para peserta. Beberapa pertanyaan dan pandangan peserta dapat dipertimbangkan dalam penyusunan RPMK ini, diantaranya mengenai program evaluasi bagi staf auditor, audit untuk pilkada, dan penggunaan data KAP oleh DJP.

Sebagaimana pelaksanaan PPL di kota-kota lain, sebelum dan sesudah pelaksanaan seminar, peserta diminta untuk mengerjakan soal pre test dan post test yang bertujuan untuk menilai tingkat pemahaman peserta terhadap materi yang disampaikan. Hasilnya, 73,5% dari keseluruhan peserta memperoleh nilai yang baik, sedangkan sisanya belum memenuhi kriteria untuk mendapatkan nilai yang baik. –wir08-

Back to List


Eselon I Kementerian Keuangan