Sekjen menghadiri The 2015 ASEAN Audit Regulators Group (AARG)

8/20/2015 9:37:40 AM

Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Kiagus Ahmad Badaruddin bertolak dari Malaysia beberapa waktu yang lalu untuk menghadiri The 2015 ASEAN Audit Regulators Group (AARG) Meeting and Dialogue with the Audit Firms, didampingi Kepala Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK), Langgeng Subur. Sekretaris Jenderal mengikuti seluruh rangkaian acara selama  2 (dua) hari, pada tanggal 15-16 Juni 2015, di Kuala Lumpur.

AARG merupakan forum yang mewadahi negara-negara di ASEAN yang telah menjadi anggota International Forum of Independent Audit Regulators (IFIAR). IFIAR merupakan organisasi internasional dari regulator pembina dan pengawas Akuntan Publik dan Kantor Akuntan Publik yang independen terhadap profesi. Negara ASEAN yang telah menjadi anggota IFIAR adalah Singapura, Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Penetapan Indonesia sebagai anggota IFIAR berdasarkan Keputusan Presiden nomor 38 tahun 2014 tanggal 12 September 2014 tentang Keanggotaan Pemerintah Indonesia pada International Forum of Independent Audit Regulators, dengan focal point keanggotaan adalah PPPK, Sekretariat Jenderal, Kementerian Keuangan.

Pertemuan ini dihadiri oleh regulator anggota IFIAR dari ASEAN yaitu Singapura, Malaysia, dan Thailand, serta terdapat pula regulator dari negara Kamboja, Lao PDR, Filipina, dan Hongkong sebagai peninjau. Regulator yang hadir dipimpin oleh para pemimpin (executive chairman) dari institusi yang memiliki kewenangan di bidang pembinaan dan pengawasan Akuntan Publik dan Kantor Akuntan Publik, sementara pihak audit firms yang hadir adalah para pemimpin dari PriceWaterhouse Coopers, Ernst & Young, Delloite, dan KPMG dari masing-masing negara ASEAN. Disamping itu terdapat peninjau dari Global Public Policy Committee - Regulatory Working Group (GPPC-RWG) yang merupakan kumpulan dari enam pemimpin jaringan Kantor Akuntan Publik internasional (six global audit firms).

Pada pertemuan tersebut, dipaparkan inisiatif-inisiatif regulator dalam rangka meningkatkan kualitas audit. Isu utama adalah tentang Audit Quality Indicators (Indikasi-indikasi kualitas audit) yang menjadi alat untuk menilai suatu audit yang berkualitas. Kemudian dilanjutkan dengan sesi individual dalam rangka mencari solusi bersama permasalahan kualitas audit dari masing-masing audit firm/network firm. Selain itu, dibahas pula tentang rencana materi acara AARG Meeting and Inspection Workshop yang direncanakan diproyeksikan akan diselenggarakan di Indonesia pada tahun 2016 dengan mengundang regulator audit dari ASEAN dan sekitarnya.



Back to List


Eselon I Kementerian Keuangan