Para Regulator ASEAN Mempererat Kerja Sama Menghadapi Tantangan Audit

7/31/2018 4:20:45 PM

JAKARTA 31/7/2018 PPPK.  Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo menegaskan bahwa informasi keuangan yang berkualitas sangat dibutuhkan oleh para pemangku kepentingan (stakeholders) terutama investor dalam rangka pengambilan keputusan. Peran profesi Akuntan Publik dan para regulator akuntan publik sangat penting dalam menjaga dan meningkatkan kualitas audit atas informasi keuangan tersebut. Terlebih lagi di era perkembangan teknologi saat ini yang telah berdampak pada perubahan lingkungan bisnis yang semakin kompleks dan kompetitif.

Hal tersebut disampaikan oleh Wamenkeu dalam paparan utama (keynote speech) pada acara “2018 ASEAN Audit Regulators Group (AARG) Inspection Workshop & 8th AARG Meeting with The Audit Firms” yang diselenggarakan di Jakarta hari ini. Pada acara tersebut Wamenkeu juga didampingi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto dan Kepala Pusat Pembinaan Profesi Keuangan Langgeng Subur.

Wamenkeu mengatakan bahwa saat ini investor dapat dengan mudah melakukan investasi di berbagai negara. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan investasi di antara negara-negara Asia. Indonesia juga telah mengalami peningkatan investasi dari luar negeri dari tahun ke tahun. Hal tersebut tercermin dengan membaiknya peringkat investasi dan menjadi negara tujuan investasi dunia.

Wamenkeu menjelaskan bahwa beragam aktivitas investasi dan perdagangan membutuhkan laporan keuangan yang kredibel. Audit yang berkualitas akan meningkatkan kepercayaan investor karena informasi keuangan yang disampaikan dapat dipercaya. Di sinilah pentingnya audit regulator untuk memonitor praktik akuntan publik dalam meningkatkan kualitas audit. Pada akhirnya audit yang berkualitas diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi terutama investasi.

Di samping itu, Wamenkeu juga mengingatkan bahwa penggunaan teknologi dalam lingkungan bisnis saat ini menimbulkan tantangan tertentu dalam audit sehingga akuntan publik dan kantor akuntan publik harus lebih waspada terhadap risiko-risiko yang timbul dari penggunaan teknologi tersebut.

Sebagai penutup, Wamenkeu menyampaikan bahwa kerja sama pengawasan audit lintas negara sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan kualitas audit.

Forum pertemuan antar-regulator ini diharapkan dapat menjadi tempat untuk berbagi pengetahuan, informasi, pengalaman, metodologi, strategi audit, dan isu-isu terkini. Di samping itu,  pertemuan dengan kantor-kantor akuntan besar dapat memberikan informasi mengenai inisiatif, pandangan atas berbagai isu terkini termasuk penggunaan teknologi dalam audit, serta inisiatif untuk meningkatkan kualitas audit.

Wamenkeu juga mengharapkan agar para regulator akuntan publik dapat memanfaatkan forum ini dalam rangka menciptakan praktik pengawasan yang lebih baik dan efektif untuk dapat melindungi kepentingan investor dan publik.

Penulis: Ceng Kodir | Penyunting: Suryadi | Fotografer: Rifki O. Mulyawan

Baca juga:




Back to List


Eselon I Kementerian Keuangan