Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo Membuka AARG Meeting 2018

7/31/2018 1:55:22 PM

JAKARTA 31/7/2018 PPPK.  Pagi tadi Wakil Menteri Keuangan Prof. Mardiasmo, MBA, Ph.D., CFrA, QIA., Ak., CA., FCMA, CGMA membuka secara resmi pertemuan para regulator audit se-ASEAN (ASEAN Audit Regulators Group, AARG) di Holiday Inn Jakarta Kemayoran, Jakarta.  Forum para pengawas akuntan publik di negara-negara Asia Tenggara ini dijadwalkan menggelar serangkaian lokakarya dan pertemuan, baik sesama anggota AARG, para peninjau, asosiasi profesional terkait, hingga kantor-kantor akuntan publik besar di wilayah ASEAN hingga 2 Agustus nanti.

Wakil Menteri Keuangan didampingi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto dan Kepala Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) Langgeng Subur.  Dalam sambutannya, Sesjen Kemenkeu menyoroti perkembangan dunia akuntansi dan audit seraya berharap bahwa forum ini dapat menjadi ajang pembahasan isu-isu terkini dan memberikan solusi dalam menangani persoalan yang timbul.

Wakil Menteri Keuangan menekankan pentingnya acara ini sebagai sarana bagi tiap negara yang terlibat untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai pengawasan audit.  Puncak dari semua itu adalah terciptanya kualitas laporan keuangan yang baik dari entitas-entitas yang beroperasi di negara-negara ASEAN.  Laporan keuangan yang kemudian diuji dalam suatu audit pun dapat diandalkan dalam pengambilan keputusan ekonomi.

Empat jaringan kantor akuntan terbesar di dunia, yakni EY, Deloitte, KPMG, dan PwC, bersama dengan kantor-kantor akuntan berskala internasional dan lokal turut berperan serta mengakomodasi visi ini.  Secara bersama-sama, regulator dan praktisi mewujudkan mendorong laporan keuangan yang dapat diandalkan masyarakat luas, termasuk investor dan pengusaha, sehingga menambah kepercayaan dan menumbuhkan terus investasi di negara-negara ASEAN.

Di era disruptif saat ini, dunia akuntansi dan audit dituntut responsif bagi perkembangan teknologi terutama teknologi informasi.  Jaringan kantor akuntan publik besar yang juga dikenal sebagai The Big Four diharapkan terus memanfaatkan teknologi informasi ini untuk kemudian diikuti oleh kantor-kantor akuntan lainnya.  

Negara-negara Kamboja, Singapura, dan Thailand akan berbagi pengalaman bagaimana mereka menggunakan teknologi informasi untuk aktivitas audit mereka. Semua partisipan akan saling bertukar informasi dan melihat poin-poin krusial dalam konteks pengawasan terhadap akuntan publik.

Hari ini dan esok (31/7 dan 1/8), AARG Inspection Workshop akan menghadirkan regulator akuntan publik dari negara-negara kawasan Asia Tenggara, yakni Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, Filipina, Laos, dan Kamboja beserta negara di kawasan sekitar, Sri Lanka, Pakistan, Jepang, Mauritius, dan Hong Kong.  Ditambah delegasi dari forum regulator auditor antarbangsa, International Forum of Independent Audit Regulators (IFIAR).  Disambung kemudian 1 dan 2 Agustus, para regulator akan berjumpa dengan jaringan Big Four, berdiskusi tentang inisiatif yang dilakukan kantor-kantor akuntan publik itu dalam meningkatkan kualitas audit dan efek dari perkembangan teknologi terhadap kualitas audit.

Penulis: Mahendra T. Oktavianto/Vidya Keumalasari | Penyunting: Suryadi | Fotografer: Rifki O. Mulyawan

Baca juga:



Back to List


Eselon I Kementerian Keuangan