Lagi-lagi Penipuan Mengatasnamakan Kepala PPPK

7/16/2018 10:46:04 AM
JAKARTA 11/7/2018 PPPK.

Akhir-akhir ini kembali marak penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu untuk mencari keuntungan finansial dengan mencatut nama pejabat PPPK, khususnya Kepala PPPK.

Kepala Subbidang Perizinan Profesi Akuntansi, Aminah, menuturkan bahwa ada pihak-pihak yang menggunakan modus operandi semisal berpura-pura sebagai staf PPPK yang menghubungi calon korban melalui telepon.  Dengan mengatasnamakan Kepala PPPK, penelepon gelap tersebut memberikan janji semisal keringanan sanksi administratif bagi profesi keuangan yang sedang diincarnya.  Penipu juga tidak segan-segan meminta sejumlah uang dengan kompensasi janji palsu tadi.

Dalam kasus lain, penelepon menjanjikan akan mencarikan klien bagi kantor profesi keuangan yang dihubunginya dan tidak jarang pula  "meminjam" uang yang katanya akan digunakan untuk keperluan pribadi Kepala PPPK.

Kasus-kasus pencatutan nama ini menjadi salah satu keprihatinan PPPK dalam upaya menegakkan integritas sebagai salah satu upaya mewujudkan reformasi birokrasi.  PPPK mengimbau agar para pengguna layanan tidak mudah percaya kepada orang-orang yang menghubungi lalu meminta sejumlah uang dengan mengatasnamakan Kepala atau pejabat lain di PPPK.

Untuk itu, PPPK meminta agar masyarakat khususnya profesi keuangan tidak segan-segan melaporkan hal tersebut kepada Pusat Pembinaan Profesi Keuangan melalui nomor telepon 021-3843237, faksimile 021-3508573, atau e-mail lapor.pppk@kemenkeu.go.id.

Penulis/Penyunting: Suryadi | Fotografer: Rifki O. Mulyawan | Model: Agee F. Miradz



Back to List


Eselon I Kementerian Keuangan