Surat Edaran Standardisasi Penomoran LAI/LP

5/23/2018 12:24:44 PM

Dalam rangka tertib administrasi penomoran atas Laporan Auditor Independen yang diterbitkan oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) dan Laporan Penilaian yang diterbitkan oleh Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP), pada tanggal 17 Mei 2018 Kepala Pusat Pembinaan Profesi Keuangan menerbitkan Surat Edaran tentang Standardisasi dan Tata Cara Penomoran Laporan Auditor Independen dan Laporan Penilaian. Surat Edaran dimaksudkan guna memberikan panduan penomoran laporan yang terstandar serta memudahkan para pemangku kepentingan untuk mengidentifikasi laporan yang diterbitkan oleh KAP dan KJPP.

Surat Edaran ini merupakan standardisasi penomoran yang hanya berlaku untuk Laporan Auditor Independen sebagai hasil atas jasa audit umum yang ditandatangani oleh Akuntan Publik yang diterbitkan KAP dan/atau Cabang KAP serta Laporan Penilaian sebagai hasil atas jasa penilaian yang ditandatangani oleh Penilai Publik yang diterbitkan KJPP dan/atau Cabang KJPP.

Pelaksanaan atas Surat Edaran ini mulai efektif diterapkaan saat penomoran Laporan Auditor Independen dan Laporan Penilaian yang diterbitkan pada tahun 2019. Namun demikian apabila KAP/KJPP yang sudah siap menerapkan, penomoran sesuai dengan standardisasi dalam Surat Edaran ini dapat dilaksanakan langsung pada saat Surat Edaran ini ditetapkan.

SE-6/PPPK/2018 tentang Standardisasi dan Tata Cara Penomoran Laporan Auditor dan Laporan Penilaian

Back to List


Eselon I Kementerian Keuangan