Sosialisasi Profesi Penilai Publik di UNUD

4/27/2015 10:47:08 AM

Kegiatan sosialisasi Profesi Publik ini diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia Sekretariat Jenderal Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP) bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. PPAJP ini mempunyai kewajiban  (1) untuk menyiapkan bahan perumusan kebijakan pembinaan profesi akuntan publik dan Penilai Publik,register akuntan, perizinan, dan pengembangan  jasa akuntan dan jasa penilai (2) menyiapkan dan melaksanakan program pemantauan kegiatan serta pemeriksaan akuntan publik dan penilai publik (3) menyajikan informasi akuntan dan Penilai Publik.

Selama  ini profesi Penilai Publik belum dikenal oleh masyarakat luas sehingga belum banyak masyarakat yang menekuni profesi penilai publik ini, padahal kebutuhan akan profesi penilai publik ini sangat besar. Jasa penilai publik diperlukan dibanyak bidang dari perbankan, pemerintah daerah, perpajakan, pasar modal, dana pension, Badan Pertanahan Nasional termasuk akuntan publik. Data PPAP tahun 2012 hanya ada 338 penilai publik di Indonesia dengan pertumbungan rata-rata hanya  5 persen. Di Bali hanya ada 3 jasa penilai publik, sehingga di Bali sangat kekurangan profesi ini.  Untuk merespon kenyataan ini maka Fakultas Ekonomi Universitas Udayana segera akan membuka program pendidikan profesi Penilai Publik. Program pendidikan Profesi Penilai Publik ini akan diselenggarakan oleh Program Magister Ekonomi Pembangunan (MIE) FE Unud.
Kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan informasi mengenai potensi dan peluang usaha dari profesi Penilai Publik kepada  akademisi khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.
Kegiatan Sosialisasi Profesi Penilai Publik di Bali ini dibuka oleh Prof. Dr. IGB Wiksuana, SE., MS. selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. Adapun pembicara pada sosialisasi ini adalah sebagai berikut:

  1. Langgeng Subur selaku Kepala Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai, Kementerian Keuangan
  2. Dadan Kuswardi selaku Kepala Bidang Pembinaan Usaha dan Penilai Publik PPAJP, Kemenkeu
  3. Hamid Yusuf, selaku Ketua Umum Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI)


Back to List


Eselon I Kementerian Keuangan