Wamenkeu Dukung Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi

4/13/2015 8:13:04 AM

Jakarta, 15/06/2015 Kemenkeu - Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mendukung sertifikasi teknisi akuntansi dalam menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akhir tahun ini. Hal ini mengingat, kunci keberhasilan Indonesia dalam menyongsong MEA 2015 adalah tersedianya sumber daya manusia yang profesional.

“Strategi ini tidak bisa dilepaskan dari profesi, salah satunya orang itu harus punya keahlian, SDM itu harus punya sertifikasi, diserahkan kepada ahlinya, kalau tidak akan gagal,” ungkapnya dalam seminar nasional ‘Integrasi Sistem Pendidikan dan Sertifikasi Berbasis KKNI sebagai Strategi Pemenangan di Era MEA’ pada Senin (15/6) di Aula Djuanda Kementerian Keuangan, Jakarta.

Lebih lanjut Wamenkeu mengungkapkan, sertifikasi teknisi akuntansi diperlukan untuk memastikan adanya peningkatan stabilitas dan pertumbuhan ekonomi nasional. Untuk dapat meningkatkan kedua hal tersebut, menurutnya, perlu SDM yang amanah dan profesional guna memastikan akuntabilitas dalam tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

“Dalam hal accounting technician, adanya Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi (LSPTA) ini jelas (penting). Pengelolaan akuntansi berhubungan dengan bagian dari governance, karena bagian dari accountability,” katanya.



Back to List


Eselon I Kementerian Keuangan