Tinjauan Akhir Tim Penilai Nasional WBK/WBBM Kemenpan-RB ke PPPK

12/7/2017 10:50:52 AM

JAKARTA 7/12/2017. Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) berkomitmen kuat mewujudkan reformasi birokrasi, khususnya pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.  Mendukung tekad tersebut, Kementerian Keuangan Republik Indonesia menyertakan PPPK bersama dua puluh unit lain dalam penilaian Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Pada Rabu (6/12/2017), Tim Penilai Nasional (TPN) Kemenpan-RB yang dipimpin oleh Sekretaris Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan, Didid Noordiatmoko, Ak., M.M. melakukan penilaian akhir ke PPPK.  Tinjauan ini merupakan salah satu rangkaian penilaian yang dilakukan oleh Kemenpan-RB unit-unit kerja di Kementerian dan Lembaga Negara yang telah mencanangkan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM.  Di tahap sebelumnya, PPPK telah melewati penilaian oleh Tim Penilai Intern (TPI) yang dipercayakan kepada Inspektorat VI Kementerian Keuangan dan survei oleh Sucofindo kepada para pemangku kepentingan, yakni para pengguna jasa PPPK.

Dalam peninjauan tersebut, Tim Penilai Nasional antusias berdiskusi dengan Kepala PPPK, Langgeng Subur, yang didampingi Kepala Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan Kementerian Keuangan, Dini Kusumawati, dan para pejabat di lingkungan PPPK, terutama mengenai tugas dan fungsi PPPK dalam pembinaan dan pengawasan profesi keuangan.  Tim juga mengkonfirmasi beberapa aspek penilaian dan memberi masukan, antara lain mengenai pertumbuhan kantor profesi keuangan dan indeks kinerja utama yang menjadi tolok ukur keberhasilan pencapaian sasaran strategis PPPK. 

Di akhir pertemuan, Ketua Tim menyatakan bahwa apa yang telah dilakukan oleh PPPK sebagaimana tercermin dalam penilaian oleh TPI dan survei ke para pemangku kepentingan telah menunjukkan hasil yang baik.  Kemenpan-RB akan mengumumkan hasil akhir penilaian tersebut pada 12 Desember yang akan datang.

Penulis/penyunting: Suryadi | Fotografer: Agee F. Miradz

Back to List


Eselon I Kementerian Keuangan