ATLAS, Panduan Kertas Kerja Audit Berbasis Risiko Hasil Kerja Sama PPPK dan IAPI

11/17/2017 5:43:28 PM

JAKARTA 17/11/2017. Kepala PPPK, Langgeng Subur, membuka acara peluncuran aplikasi ATLAS (Audit Tool and Linked Archive System) yang diperuntukkan bagi Kantor-kantor Akuntan Publik (KAP) di Indonesia.  Aplikasi audit berbasis risiko berdasarkan Standar Profesional Akuntan Publik ini dibangun oleh Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) dan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). 

Realitas menunjukkan bahwa masih banyak KAP yang tidak menyelenggarakan kertas kerja dalam pemberian jasa asurans.  Hal ini tentu melanggar ketentuan yang berlaku dan berpotensi menimbulkan masalah di kemudian hari. Pelanggaran ini berikut beragam pelanggaran lain memaksa Kementerian Keuangan sebagai regulator banyak menjatuhkan sanksi, termasuk yang terberat, yakni pencabutan dan pembekuan izin untuk pelanggaran yang berkategori berat.

Kepala PPPK berharap agar aplikasi ATLAS ini menjadi adalah langkah yang bagus dan dapat digunakan sebagai panduan bagi KAP-KAP yang ada di Indonesia, terutama yang belum menyelenggarakan kertas kerja dengan baik. Ditambahkan, di era sekarang ini akuntan dan akuntan publik dituntut dapat mengikuti gerakan yang sedang gencar-gencarnya di dunia Financial Action Task Force (FATF) on Money Laundering karena sedang maraknya kasus-kasus tindak pidana pencucian uang.

Peluncuran aplikasi ATLAS diikuti dengan lokakarya (workshop) yang diikuti oleh beberapa kantor akuntan publik.  Rencananya, lokakarya serupa juga akan digelar di beberapa kota lain di Nusantara.

Penulis: Fredika Wahyu Setyawan | Penyunting: Suryadi | Fotografer: Agee Fonzi

Back to List


Eselon I Kementerian Keuangan