Profesi Keuangan di Batas Terluar Indonesia Harus Siap Bersaing

10/11/2017 8:26:54 AM

BATAM 10/10/2017. Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) menyelenggarakan Sosialisasi Regulasi dan Profesi Akuntansi, bertempat di Politeknik Negeri Batam pada tanggal 4 Oktober 2017. Acara ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan profesi akuntansi dari dunia perbankan, industri, Kantor Akuntan Publik, dan lain-lain. Acara yang dihadiri oleh kurang lebih 90 peserta ini menghadirkan Ketua Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), Tarkosunaryo dan Kasubbid Pengembangan Profesi Akuntansi, Andar Ramona Sinaga dengan moderator Dewi Hariyani.

Batam dipilih sebagai lokasi sosialisasi karena daerah ini merupakan wilayah perdagangan bebas yang terpisah dari daerah pabean, sehingga bebas dari pengenaan Bea Masuk, Pajak Pertambahan Nilai, Pajak Penjualan atas Barang Mewah, dan Cukai yang memerlukan  perhatian lebih terkait profesi akuntansi di sana. Hal ini juga dimaksudkan sebagai persiapan atas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) agar tenaga kerja lokal dapat bersaing dengan tenaga kerja asing apalagi di wilayah batas terluar seperti Batam ini,

Profesi Akuntansi sebagai bagian dari profesi keuangan kini semakin dibutuhkan dan memegang peranan penting dalam perkembangan perekonomian dan pembangunan Indonesia.  Untuk mendukung hal tersebut, perhatian pada perkembangan profesi ini sangat dibutuhkan. Hal tersebut disampaikan oleh Tarkosunaryo pada sesi pertama. Paparan materi tersebut disambut antusias oleh peserta dengan banyaknya pertanyaan dari audiens.

Pada sesi berikutnya, Andar Ramona Sinaga memaparkan regulasi profesi akuntansi yang wajib diketahui oleh para pemangku kepentingan. Ia juga menuturkan bahwa kualitas profesi ini harus didukung agar lebih berkembang lagi. Hal ini bisa dilakukan misalnya dengan memberikan imbalan (fee) yang pantas dan tidak menawar lebih rendah. Fee yang di bawah standar akan melemahkan profesi ini. Selain itu, tarif yang terlalu rendah juga menurunkan kualitas kerja sehingga hasil audit tidak mencerminkan keadaan yang sesungguhnya.

Penulis: Ervan B. Wiranto | Penyunting: Suryadi | Fotografer: Seto Hernawan

Back to List


Eselon I Kementerian Keuangan