Sosialisasi Peraturan dan Profesi Akuntansi Kepada Pengguna Jasa

10/4/2017 10:39:09 AM

BALIKPAPAN 4/10/2017.  Akuntan dan akuntan publik sebagai bagian dari profesi keuangan kini semakin dibutuhkan dan memegang peranan penting dalam kemajuan Indonesia.  Untuk mendukung hal tersebut, negara senantiasa memberi perhatian pada perkembangan akuntan dan akuntan publik yang ada di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pengembangan Profesi Keuangan, Pusat Pembinaan Profesi Keuangan, Arie Wibowo dalam acara Sosialisasi Peraturan dan Profesi Akuntansi Kepada Pengguna Jasa yang berlangsung di Balikpapan (28/9/2017) di hadapan puluhan peserta dari KAP dan universitas yang tersebar di pintu gerbang provinsi Kalimantan Timur itu.

Sementara itu, anggota Dewan Pimpinan Nasional IAI dan Ketua IAI Kompartemen Akuntan KJA, Tia Adityarsih, memberikan semangat kepada para akuntan, akuntan publik, dan mahasiswa untuk memantapkan langkah untuk menjadi akuntan dan akuntan publik yang menerapkan standar kualitas pelaporan keuangan, menjadi mitra dan acuan pemerintah, regulator, dan pemangku kepentingan lainnya. Pelaporan keuangan yang memenuhi standar dapat menunjang pertumbuhan ekonomi suatu negara mengingat semua diatur dalam pelaporan akuntansi yang benar. Pelaporan keuangan yang baik akan menurunkan biaya modal dan meningkatkan efisiensi alokasi modal. Terkait hal tersebut, akuntan berperan memastikan kebenaran dan akurasi laporan keuangan yang akan digunkaan untuk pengambilan keputusan dan mengantisipasi kecurangan dan penyelewangan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), Tarkosunaryo, menerangkan bahwa IAPI adalah telah memiliki status sebagai badan hukum.  Setiap akuntan publik harus menjadi anggota di IAPI. Asosiasi ini berdasarkan undang-undang diberi wewenang untuk menyelenggarakan ujian profesi.  Mahasiswa yang mendapatkan mata kuliah audit satu saat dapat mengikuti ujian profesi yang akan mengantarkan mereka menjadi akuntan publik.

Penulis: Mahendra T. Oktavianto | Penyunting: Suryadi | Fotografer: Mahendra T. Oktavianto



Back to List


Eselon I Kementerian Keuangan